Kamis, 04 Juli 2013

Pintar Pilih Kosmetik Itu Harus


Sebagian besar wanita menggunakan produk kecantikan yang mengandung lebih dari 180 bahan kimia setiap harinya. Paparan senyawa tersebut berpotensi besar merusak organ tubuh. Penelitian juga banyak yang menemukan adanya kontaminasi di dalam kosmetik. Misal kandungan logam berat dalam kosmetik yang mudah diserap dan dicerna. Untuk itu hindari produk yang mengandung zat-zat berikut ini:

1. Fragrance
Tak sedikit wanita menyukai produk kosmetik dengan aroma menggoda. Padahal, kosmetik yang mengeluarkan wewangian, sebaiknya hindari. Hal ini karena senyawa yang membuat harum kosmetik mengandung ribuan bahan bahan kimia. Bahan tersebut erat kaitannya dengan alergi, gangguan hormon, bahkan ketidaksuburan.

"Sebaiknya Anda memilih produk dengan kandungan bahan kimia yang lebih sedikit, hindari aroma sintetis," kata Malkan seperti dikutip dalam Rodale.com.

2. Paraben
Paraben merupakan zat kimia yang cukup dikenal dalam dunia kosmetika. Pengawet kimia ini juga erat kaitannya dengan kanker payudara. Menurut David Suzuki Foundation, organisasi kesehatan, paraben mudah diserap kulit namun sangat menganggu sistem reproduksi pria.

3. Triclosan
Merupakan salah satu bahan umum yang terdapat dalam sabun antimikroba. Akan tetapi tak sedikit pula perusahaan kosmetik memasukan bahan ini dalam produknya. Salah satunya adalah lipstik. Jika kosmetik Anda mengandung triclosan sebaiknya hindari, karena dapat menyebabkan kerusakan tiroid.

4. Formaldehyde
Formaldehida bersifat karsinogen atau bisa memicu kanker. Zat ini mulai dilepaskan ke dalam tubuh, ketika bercampur dengan bahan-bahan lain dalam produk kosmetik. Cek komposisi kosmetik. Jika mengandung DMDM hydantoin, diazolidinyl urea, imidazolidinyl urea, methenamine, quaternium-15, dan hydroxymethylglycinate natrium artinya Anda harus menghindarinya.

5. Sodium laureth sulfate
Sodium laureth sulfate merupakan bahan yang biasa digunakan dalam sampo dan scrub untuk wajah. Fungsinya adalah membantu menyerap lotion dan kosmetik. Tetapi, patut diketahui bahwa bahan ini berpotensi menyebabkan kanker.

Kosmetik tidak bisa di hindari oleh wanita. Untuk itu cermatlah dalam memilih kosmetik agar terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya di kemudian hari.

Sumber : life.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar